web 2.0
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Menyuntikkan LXDE atau XFCE di Ubuntu

Ubuntu, pada paket perdananya datang dengan GNOME sebagai desktop environment-nya. Demikian juga Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx). Bilamana menginginkan desktop environment lain, tersedia pula paket perdana Kubuntu (KDE), Xubuntu (XFCE), dan Lubuntu (LXDE).

Bagaimana jika sudah terlanjur download, atau hanya memiliki Ubuntu dengan GNOME, namun menginginkan desktop environment yang lain?

Bilamana ingin menggunakan KDE, langsung saja menuju ke Synaptic Package Manager, cari kubuntu-desktop, install… Beres deh!

Cara yang sama digunakan bilamana ingin menggunakan XFCE. Setelah selesai silahkan logout dan login kembali dengan mengganti session sesuai keinginan. Tapi… Jujur saja, sehubungan dengan spesifikasi netbuk yang saya pakai yang termasuk spec-rendah, terpaksa KDE saya singkirkan dari daftar pilihan saya. KDE, bahkan yang untuk netbuk sekalipun, perlu menambahkan seratus mega lebih. Lagi pula dengan memory VGA yang seadanya di netbuk Acerwan generasi pertama yang saya pakai ini, KDE justru membuat kerja jadi lemoty.

Pilihan saya jatuh ke LXDE dan XFCE yang ringan (karena keduanya memang lightweight desktop environment). Namun, walaupun ringan, kedua desktop environment tersebut cukup powerfull, pun bisa digunakan untuk berbagai macam platform terutama di Linux.
Pastikan sudah terhubung ke internet, buka terminal dan berikut ini cara menyuntikkannya ke Ubuntu (ala gue):

LXDE
# sudo apt-get install lxde

Setelah terinstall dengan baik, lakukan logout dan login kembali dengan session berbeda.
Berikut ini tampilan LXDE…

 


XFCE
# sudo apt-get install xfce4
 
Dan ini tampilan XFCE


Tampilan LXDE dan XFCE yang ringan cukup membantu kerja komputer spec-rendah seperti yang saya pakai ini. Bila menggunakan batere pun akan menjadi lebih tahan lama. 
 
Klo ingin mempelajari lebih lanjut mengenai kedua desktop environment yang ringan itu, silahkan menuju ke situs LXDE dan situs XFCE. Bila ingin mempelajari lebih lanjut mengenai KDE, silahkan juga menuju ke situs KDE.

Comments
3 Comments

3 Comments:

Mathew said...

This is actually the highest version for QuickBooks Payroll Support Phone Number software. It holds probably the most benefits and features, as compared to the Basic and Enhanced Version. It creates tension free tax submissions, direct deposits, and year-end W2 processing. They automatically make tax filings based on the federal and state tax laws.

kevin2 said...

QuickBooks Tech Support Number series, QuickBooks PS series square measure several of the foremost common and then the most dangerous errors which our Users have to face. therein case, they ought to forthwith dial the fee QuickBooks Technical Support Service.

Blogsilly said...

It is common to face banking errors like QuickBooks Error code 9999. When such an error takes place, the system tends to freeze for a couple of seconds on repeat. This situation can obviously affect business awfully. If you would like to learn how to Resolve Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Post a Comment